Kalian suka anime? bosan dengan anime yang begitu-begitu saja? Yap,adakalanya seorang bosan menonton anime mungkin entah karena ceritanya mudah ditebak hingga cerita yang terlalu mainstream 

Bagi sebagian orang membaca Manga nya lebih menyenangkan daripada menonton animenya mungkin karena stok manga yang lebih banyak dan ber variasi,
Langsung saja Berikut ini sejumlah rekomendasi Manga Romance yang pernah saya baca.....


Yasashii Sekai no Tsukurikata


Alternative: やさしいセカイのつくりかた
Author: Takeba, Kumiko (Story & Art)
Published: Jan 9, 2010 to Dec 27, 2014
Status: Completed
Genres: Drama, Romance, School, Shounen

Serialization: Dengeki Daioh Genesis
Score: 7.70

Sinopsis
Yuu Tomonoga adalah seorang jenius yang diterima ke sebuah universitas Amerika pada usia muda 13 dan kemudian diterima dalam program pascasarjana universitas. Sayangnya, ia kehilangan dana untuk penelitian, tetapi memutuskan untuk putus dan melanjutkan penelitian sendiri. Ia melakukan perjalanan kembali ke Jepang dengan harapan mendapatkan dana, tapi ia dengan cepat kehabisan uang untuk hidup sehari-hari. Untungnya, ia mendapat telepon dari seorang teman lama dan menerima tawaran untuk mengajar di sebuah sekolah khusus perempuan.



Yoru To Asobu (One Shot)

Author: Chiyori (Story & Art)
Published: Feb 24, 2016
Status: Completed
Genres: One Shot, Romance, Shoujo, Supernatural
Score: 7.19

Sinopsis
“Mimpi Lucid, mereka mimpi di mana orang tersebut sadar diri. Aku melarikan diri saya malam kehidupan rumah sakit setelah malam dalam mimpi saya.”


Haru no Houtai Shoujo

Chapters: 17

Status: Finished
Published: Dec 26, 2012 to Mar 4, 2015
Genres: Drama, Romance, Supernatural
Authors: Satou, Mito (Story & Art)
Serialization: Comic Meteor
Score: 7.32

Sinopsis
Haru, seorang pria yang menyenangkan, penyayang, tidak ribet, punya sebuah masalah, dia hampir saja membakar pacarnya sampai mati dengan sekuat tenaganya. Apa yang akan terjadi pada gadis yang dibakar itu?!



Koisome Momiji



Chapters: 33

Status: Finished
Published: May 7, 2012 to Nov 19, 2012
Genres: Ecchi, Romance, School, Shounen
Authors: Sakamoto, Tsugirou (Story), Miura, Tadahiro (Art)
Serialization: Shounen Jump (Weekly)
Score: 7.85

Sinopsis

Ada yang bilang kalau kau menemukan daun maple dengan 8 jari kau akan mendapatkan cinta sejati. aktris sma yang terkenal sedang berperan dalam film untuk legenda tersebut. tanpa terduga aktris sma tersebut tak punya pengalaman asmara dan itu mengganggu pembuatan film. akhirnya dia meminta cowok sma biasa untuk berperan sebagai pacarnya. bagaimana kelanjutannya?


Soukyuu no Lapis Lazuli

Chapters: 11

Status: Finished
Published: Apr 27, 2013 to Dec 27, 2013
Genres: Action, Adventure, Comedy, Romance, School, Harem, Supernatural, Seinen
Authors: Asano, Hajime (Story), Yoshioka, Kimitake (Art)
Serialization: Comic Alive
Score: 6.93

Sinopsis

Lima puluh tahun yang lalu penyihir meninggal dan meninggalkan apa yang disebut “Legacy penyihir.” Sekarang hari modern di mana dikatakan bahwa setiap orang yang mengumpulkan semua 99 buah Legacy penyihir atau “Sihir” akan diberikan satu keinginan.


Seishun Forget!

Chapters: 20

Status: Finished
Published: Feb 10, 2011 to Sep 10, 2012
Genres: Comedy, Romance, School, Seinen
Authors: Mikabe, Sesuna (Story & Art)
Serialization: Web Comic High!
Score: 7.63

Sinopsis

"Hidup dengan Tulus" adalah motto Natsuki Taiyou. Pada hari pertama sekolah SMA dan Taiyou sedang menuju ke sekolah, Taiyou bertemu Hinata selama perjalanan ke sana. Dia jatuh cinta pada pandangan pertama dan tiba-tiba mengaku padanya. Jawabannya adalah ya dan dia melarikan diri tanpa mengatakan siapa dia, tapi ternyata dia adalah teman sekelasnya. Taiyou merasa takdir antara mereka. Namun, pada hari berikutnya, dia tidak ingat siapa dia. mengapa ini bisa terjadi?

Rising x Rydeen

Chapters: 29

Status: Finished
Published: Apr 9, 2012 to Oct 9, 2014
Genres: Action, Comedy, Ecchi, Romance, School, Sci-Fi, Harem, Supernatural
Authors: Fukuhara, Renji (Art), Hatsumi, Youichi (Story)
Serialization: Age Premium
Score: 7.14

Sinopsis

Shimonone Takara, seorang, anak yang sehat muda yang aneh, selalu ingin menjadi “aneh” berada di planet ini. Sebuah “aneh” makhluk adalah seseorang yang memiliki kekuatan yang luar biasa yang tidak dapat digunakan oleh orang-orang normal. Suatu hari, Takara bertemu dengan seorang wanita bernama Aria yang dimiliki sebuah organisasi. Apa yang dia inginkan darinya? Akan Takara berhasil menjadi “aneh” menjadi?


Aizawa-san Zoushoku

Chapters: 39

Status: Finished
Published: Dec 5, 2013 to Feb 2, 2017
Genres: Comedy, Romance, School, Harem, Supernatural
Authors: Shiki, Seiichi (Story & Art)
Serialization: Gangan Online
Score: 7.34

Sinopsis

Mizutani Souta yang mengaku dengan keindahan rapuh terkenal sekolah Aizawa Shino. Kemudian datang satu lagi dari dia! Dan lain! Dan lain! Masing-masing dengan sikap yang berbeda, tetapi semua dari mereka adalah Aizawa Shino dirinya. Apa yang akan ini semacam-harem kisah cinta datang ke !?


Ane Doki


Chapters: 26 

Status: Finished
Published: Jul 6, 2009 to Jan 18, 2010
Genres: Comedy, Ecchi, Romance, School, Shounen
Authors: Kawashita, Mizuki (Story & Art)
Serialization: Shounen Jump (Weekly)
Score: 7.61

Sinopsis

Seorang gadis SMA yang misterius, berdada, kuat, indah, dan dewasa ... Apa lagi yang bisa seorang pria meminta? Rupanya, Kouta, berusia 13 tahun, tidak menginginkan hal itu. Setelah memberikan gadis SMA es krim, ia kembali menguntungkan dengan menjanjikan untuk mengurus Kouta sementara ayahnya telah pergi perjalanan bisnis. Namun, Kouta tidak suka ide itu karena gadis, Natsuki, memperlakukan dia seperti anak kecil. Meskipun ketegangan satu arah, Natsuki mengatakan Kouta untuk menjadi dewasa yang tidak lari dari apa yang ingin ia lakukan jika ia ingin menjadi dewasa. Dengan kata-katanya dalam pikiran, Kouta menemukan keberanian untuk menyelamatkan idola sekolah, Kanade, dari tiga punk yang mencoba mengganggunya. Natsuki muncul dalam waktu untuk memukuli tiga bajingan setelah beberapa pukulan telah dilemparkan di Kouta. Kouta melihat bahwa dia bukan orang yang buruk, dan memutuskan untuk menerima dia di dalam rumahnya. Rilis baru dibawa ke anda oleh penulis Ichigo 100%, Hatsukoi Limited, Lilim Kiss, dan Sonezaki Shinju; lucu dan sedikit ecchi cinta komedi antara seorang gadis SMA dan seorang anak sekolah menengah!


Bocchi na Bokura no Renai Jijou

Chapters: 14

Status: Finished
Published: Aug 24, 2013 to Sep 24, 2014
Genres: Comedy, Drama, Romance, School, Slice of Life
Authors: Shima, Tokio (Story & Art)
Serialization: Manga Time Kirara Forward
Score: 7.39

Sinopsis

Ketika liburan musim panas berakhir, tinggi-schooler Ichijou Hajime menemukan bahwa semua orang di kelas, tapi dia telah mendapat pacar! Hajime tiba-tiba menemukan dirinya sebagai “penyendiri,” tapi kemudian Ninomiya Chitose transfer ke kelasnya …!?


Boku to Senpai no Tekken Kousai

Chapters: 19

Status: Finished
Published: Oct 15, 2012 to Feb 15, 2014
Genres: Comedy, Mystery, Romance, Shoujo
Authors: Narita, Shun (Story), Osora (Art)
Serialization: Comic Gene 
Score: 7.11

Sinopsis

Perusahaan terbesar di Jepang, putri Koigakubo ini, Reijou Himeko memiliki “kekerasan-mencari” mata. Aoyama Shuuji mengawasi dia, dipekerjakan oleh Koigakubo sebagai pengawalnya. Mereka tampak “Senpai” dan “Shuu-chan” tapi mungkin … hubungan mereka tidak semestinya.


Dracu-Riot!

Chapters: 13

Status: Finished
Published: Mar 27, 2012 to Feb 27, 2013
Genres: Ecchi, Romance, Vampire, Harem, Supernatural, Police, Seinen
Authors: Kino, Konoki (Art), Yuzusoft (Story)
Serialization: Comic Alive
Score: 7.32

Sinopsis

“Aqua Eden” buatan manusiapulau di mana perjudian, perdagangan seks, dan pencurian diperbolehkan oleh pemerintah mengambang. Tapi ada satu hal lagi yang mengintai di jalan-jalan pulau-vampir. Mutsura Yuuto bekerja dengan salah satu dari mereka, dan bersama-sama dengan beberapa anggota lain dari kelompok mereka, mereka berjuang untuk menegakkan moral di pulau.


Fukashigi Philia

Chapters: 16

Status: Finished
Published: May 30, 2011 to Aug 30, 2012
Genres: Action, Mystery, Romance, Shounen, Supernatural
Authors: Tsutsui, Taishi (Story & Art)
Serialization: Comic Blade
Score: 7.36

Sinopsis

Kota mereka penuh dengan penjahat dan tiga sekolah dasar tinggi yang luar biasa. Yuugo, Rikiya dan Tasuku bertekad untuk membersihkan kota dengan cara apapun yang diperlukan, bahkan jika itu berarti menggunakan kekerasan. Selama malam khas memusnahkan geng, Tasuku datang di tahanan gadis cantik diadakan. Dia membantu dia bertahan hidup apa yang akan menjadi luka yang mematikan dengan memungkinkan dia untuk melihat masa depan. Tasuku menyelamatkan dan membawa rumahnya di mana ia menemukan bahwa namanya adalah Noa, tapi dia tidak berbicara sama sekali dan kehilangan ingatannya. Bahkan lebih menarik untuk Tasuku, dia menyandang tato yang sama dengan orang yang ia telah mencari selama bertahun-tahun. Hal ini memicu awal sebagai rantai peristiwa yang mengarah ke Tasuku dan karakter lain masa lalu yang gelap dan misterius.


Tokidoki

Chapters: 1

Status: Finished
Published: Oct 20, 2016
Genres: Drama, Romance, School, Shounen
Authors: Komi, Naoshi (Story & Art)
Serialization: Jump GIGA
Score: 8.31

Sinopsis
Kisah cinta Hato Iijima seorang murid SMA yang mudah berbaur dengan kawan sekelasnya dan Hatsu Takagi Murid Sma yang memiliki jangka hidup 220juta detak lagi atau 6-7 Tahun. bagaimanakah Kisah cinta mereka??


Unlucky Boy Undead Girl

Chapters: 1

Status: Finished
Published: Jan 9, 2015
Genres: Action, Drama, Romance, Shounen, Supernatural
Authors: Tobita, Sou (Story & Art)
Serialization: Bessatsu Shounen Magazine
Score: 7.51

Sinopsis
Makan, tidur, dan jatuh cinta. Kisah yang tidak biasa, dari, seorang pria dan seorang gadis yang bermimpi memiliki kehidupan yang normal !!


Pajama na Kanojo

Chapters: 26

Status: Finished
Published: Feb 27, 2012 to Sep 3, 2012
Genres: Comedy, Drama, Ecchi, Romance, School, Shounen, Supernatural
Authors: Hamada, Kousuke (Story & Art)
Serialization: Shounen Jump (Weekly)
Score: 7.01

Sinopsis

Keisuke dan Makura adalah teman masa kecil yang tumbuh bersama hampir seperti kakak dan adik. Suatu hari, karena kesalahpahaman mereka, Makura meninggalkan rumah marah sampai Mom Keisuke adalah khawatir tentang Makura tidak akan pulang lagi, sehingga Keisuke disuruh pergi mencarinya. Enggan, Keisuke pergi keluar untuk menemukan Makura, Dia berakhir di tempat mereka digunakan untuk pergi sering, bidang bunga matahari. Untungnya, Makura ada di sana. Keisuke bergabung dengannya duduk di bangku dan mereka mulai Reminiscence. Ketika Keisuke memutuskan bahwa mereka harus kembali ke rumah, ia menelepon ibunya untuk mengatakan bahwa ia menemukan Makura, hanya untuk menjadi terkejut ketika ibunya mengatakan kepadanya panik untuk berangkat ke rumah sakit. Pada saat yang sama, ia memandang Makura, yang tidak berdiri tapi mengambang di udara …


Kagami no Kuni no Harisugawa

Chapters: 29

Status: Finished
Published: Jul 11, 2011 to Feb 13, 2012
Genres: Comedy, Ecchi, Romance, Shounen, Supernatural
Authors: Kano, Yasuhiro (Story & Art)
Serialization: Shounen Jump (Weekly)
Score: 7.56

Sinopsis
"laki-laki adalah makhluk yang akan mengikuti gadis yang mereka sukai di mana pun dia. Dan jika ada datang kesempatan bahwa anak itu menyadari bahwa gadis itu dalam bahaya, jika ia mampu menyelamatkannya mereka akan merasakan kebahagiaan tertinggi dalam kehidupan" adalah sesuatu yang telah Harisugawa Tetsu tunjukkan, dan benar saja ia selalu mengikuti gadis bernama Satomi Mao. Berkat suatu kecelakaan di masa kecil mereka, Satomi selalu ramah dengan Harisugawa dan dia memiliki hubungan yang sangat akrab, tapi sama sekali tidak menyadari perasaan Tetsu untuknya. Tetsu untuk bagian itu lebih suka menjadi teman dan menjaga perasaannya tersembunyi demi tidak membahayakan kedekatan yang mereka miliki, sejak dia masih muda Tetsu telah percaya bahwa jika ia dapat membangun sedikit demi sedikit hubungan yang baik dengan Mao, ia akan sampai ke titik di mana ia dapat dengan yakin mengaku kepada Mao dan tidak ditolak, Tetsu selalu menunggu satu kesempatan sebenarnya tanpa terlalu dekat dengan Mao oleh kecelakaan. Pada awalnya tampaknya bahwa ini "kebuntuan" tidak akan pernah rusak, namun suatu hari Mao melihat cermin aneh di sebuah toko barang bekas dan untuk beberapa alasan dia merasa bahwa dia harus memiliki cermin itu. Mao membeli cermin tanpa berpikir dua kali tentang hal itu .... Tapi dia sama sekali tidak menyadari bahwa cermin akan berubah selamanya hidup Tetsu serta dirinya sendiri.


Aoi Hikaru ga Chikyuu ni Itakoro

Chapters: 93
Status: Finished
Published: May 30, 2011 to Apr 28, 2014
Genres: Mystery, Romance, School, Supernatural
Authors: Nomura, Mizuki (Story), Takeoka, Miho (Art)
Serialization: None 
Score: 8.32


Sinopsis
erita dimulai dengan kematian Hikaru Mikado. Orang itu adalah seorang perayu alami, "raja harem", tapi tidak punya teman laki-laki yang nyata. Setelah ia meninggal, ia menjadi hantu, sebuah jiwa, namun Koremitsu Akagi bisa melihatnya. Meskipun Koremitsu, tidak seperti Hikaru. Rambut merah dan mata jahat membuatnya tampak nakal, meskipun di dalamnya ia sangat baik. Hikaru meminta bantuannya: dia ingin memenuhi janji, yang dia tidak bisa penuhi lagi. Janji nya adalah memberikan pacarnya dan tunangannya, Aoi Saotome, 7 hadiah untuk ulang tahun ketujuh belas nya. Koremitsu menerima, dan harus bekerja keras untuk membantu memenuhi janji Hikaru dengan Aoi.


Imasugu Oniichan ni Imouto Datte Iitai

Chapters: 17

Status: Finished
Published: Sep 27, 2012 to Feb 27, 2014
Genres: Romance, School, Shounen
Authors: Oda, Masaru (Art)
Serialization: Dengeki Daioh
Score: 6.87

Sinopsis
Rikuto memiliki adik laki-laki barunya yaitu Ayumu setelah ayahnya menikah lagi. Namun, ia tak mengira kalau Ayumu sebenarnya seorang wanita dan itu di bawah perintah ibunya kalau ia berpura-pura menjadi anak laki-laki kepadanya. Setiap hari, hatinya berdetak sedikit lebih cepat saat di sekitar saudara laki-lakinya (saudara perempuan), sedangkan hatinya kesakitan karena harus menyembunyikan identitas aslinya dari saudaranya.


Wagatsuma-san wa Ore no Yome

Chapters: 111

Status: Finished
Published: Sep 20, 2011 to Sep 24, 2014
Genres: Comedy, Romance, School, Shounen, Slice of Life
Authors: Kuraishi, Yuu (Story), Nishikida, Keishi (Art)
Serialization: Shounen Magazine (Weekly) 
Score: 7.58

Sinopsis
Aoshima Hitoshi adalah seorang murid tahun kedua di SMA, yang sedang ingin punya pacar. Suatu hari dia terbangun untuk alasan yang tidak diketahui, 10 tahun di masa depan dan dia menikah dengan gadis tercantik di sekolah, Wagatsuma Ai! Bagaimana hubungan mereka berkembang dari yang hanya berkenalan, menjalin hubungan dan menjadi suami dan istri?!


Renai Shimasen-ka

Chapters: 16

Status: Finished
Published: Mar 3, 2012 to Aug 3, 2013
Genres: Comedy, Ecchi, Romance, Seinen
Authors: Tachibana, Roku (Story & Art)
Serialization: Young Ace
Score: 7.33

Sinopsis


Shishunki no Iron Maiden

Chapters: 41
Status: Finished
Published: Oct 19, 2012 to Oct 3, 2014
Genres: Ecchi, Romance, School, Sci-Fi, Supernatural, Seinen
Authors: Watanabe, Shizumu (Story & Art)
Serialization: Young Gangan 
Score: 7.19

Sinopsis
Teman sesama kecil dan tetangga, Mayama Haruki dengan Himemiya Tsukiko adalah teman baik, sampai di kelas empat bertemu para gadis yang menyebabkan Himemiya menghindari Mayama. Sekarang tahun kedua siswa menengah, Mayama adalah seorang ero-freak yang suka mengejek dan mengganggu anak perempuan, sementara Himemiya adalah menjadi siswi kehormatan A. Tapi jarak antara mereka menutup setelah Mayama tahu rahasia Himemiya dan rahasia dibalik pertemuan para gadis misterius. Sekarang Mayama dipaksa untuk membantu menyembunyikan rahasia Himemiya saat ia mencoba untuk memahami semuanya


Maou na Ore to Ghoul no Yubiwa

Chapters: 19
Status: Finished
Published: Dec 7, 2012 to May 30, 2014
Genres: Action, Comedy, Ecchi, Fantasy, Romance, Harem, Supernatural
Authors: Yaya, Hinata (Art), Kankitsu, Yusura (Story)
Serialization: Comic Dangan
Score: 6.98

Sinopsis
Kusumi Chiharu mendapat pesan satu hari bahwa ia telah dipilih sebagai Rakasa Tamer, dan ia diminta untuk memilih mitra pertamanya. Dia berpikir sedikit pesan sampai ia menerima paket raksasa hari berikutnya. Dia menganggap itu adalah buku porno ia memerintahkan, tapi kotak besar berakhir berisi tubuh sadar seorang gadis kebanyakan telanjang! Dia hantu bernama Zonmi, yang berniat untuk bertarung dengan dia sebagai pasangannya. Namun, ternyata gadis panas lain di sekolah tinggi sebagian besar laki-laki itu juga makhluk ajaib, dan Zonmi mungkin bukan satu-satunya yang ingin melawan sisinya!